Profil Santri MA. Dakwah Islamiyah Putri

PROFIL DESKRIPSI KEGIATAN
Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

Berkeadaban (ta’addub)

• Memahami ajaran Agama Islam secara moderat menggunakan mazhab imam Syafi’i.
• Beribadah:  sholat wajib berjamaah, sholat sunnah, puasa sunnah,  zikir, membaca Al -Qur’an.
• Adanya kajian Kitab Kuning.
• Menghafal alqur’an minimal 1 juz dalam setahun.
• Menghafal hadist arba’in dan bulugul maram.
• Sebelum memulai KBM membaca Al Qur’an.
• Berdoa sebelum dan setelah kegiatan.
• Perayaan hari besar Islam.
• Memberi tausiyah untuk warga madrasah.
• Kultum setelah sholat.
• Uji public hafalan alqur’an.
Mandiri

Keteladanan (qudwah)

  • Datang tepat waktu
  • Berbicara dan berprilaku yang sopan
  • Mengucapkan dan menjawab salam
  • Berpakaian yang rapi
  • Mengisi waktu luang dengan banyak berzikir, mengaji dan membaca
  • Mengerjakan dan menyelesaikan tugas tepat waktu
Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah)
  • Apel bendera pada hari Senin dan hari besar nasional
  • Menghafalkan lagu-lagu nasional
  • Mengadakan perlombaan menyanyikan lagu wajib nasional
  • Menghafalkan pembukaan UUD 1945
  • Memperkenalkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia melalui pentas seni atau kunjungan ke museum
  • Memperkenalkan sejarah Indonesia dan tokoh-tokoh perjuangan maupun tokoh nasional.
Bergotongroyong

 

Mengambil jalan tengah (tawassut)

  • Berdiskusi dalam pemilihan ketua kelas dan pengurus kelas
  • Berdiskusi menentukan jadwal piket
  • Berdiskusi dalam pemilihan OSIM
  • Berdiskusi dalam menentukan jenis lomba atau kegiatan yang akan dilakukan
  • Berdiskusi dalam menentukan juara lomba yang diadakan OSIM
  • Kerjabakti
Berimbang (tawȃzun)
  • Memberlakukan aturan dan proses yang sama untuk mata pelajaran agama maupun mata pelajaran umum
  • Berlaku adil dan tidak pilih kasih
Lurus dan tegas (I’tidȃl)
  • Memberlakukan reward and punishment
Kesetaraan (musȃwwah)
  • Proses pemilihan OSIM melalui kegiatan demokrasi melalui sistem Pemilu dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh Madrasah.
  • Kegiatan diskusi di dalam kelas maupun diluar kelas
  • Semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama berupa jadwal piket, jadwal mengisi muhadharah dll
Berkebinekaan global

Toleransi (tasȃmuh)

  • Infaq pekanan dan bulanan untuk disalurkan kepada warga Madrasah yang membutuhkan , kunjungan kepada santri yang mendapat musibah dll
  • Membentuk Agen perubahan anti bullying
Kreatif

Bernalar kritis

Dinamis dan inovatif (tathwwur wa ibtikȃr)

  • kegiatan Ekstrakurikuler (Pramuka, PMR, PIK Remaja OSIM, Muhadaroh, mufrodats (memahami dan menghafal kosa kata bahasa Arab dan bahasa Inggris), olimpiade
  • Membuat pamplet –pamplet, mading, kaligrafi dan lainnya
  • Mengadakan pentas seni dan olahraga atau lomba yang bersifat akademik maupun non akademik seperti : lomba menulis cerpen/puisi, lomba hifzul qur’an, lomba menyanyikan lagu wajib nasional, lomba balap karung, lomba senam kreasi, lomba makan kerupuk dll
  • Menampilkan performance untuk kampanye anti bullying
  • Menampilkan performance untuk menumbuhkan budaya literasi
  • Praktek percobaan yang terintegrasi dengan mata pelajaran contohnya : pembelajaran IPA( uji makanan untuk mengetahui kandungan  amilum dan karbohidrat, IPS (praktek berjualan di kantin dan mengadakan bazar ) dan Bahasa Indonesia (teks prosedur melakukan atau membuat sesuatu).
  • Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, penyusunan laporan kegiatan OSIM, mencari materi madding ataupun materi pelajaran dll
Categories:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *